December 21, 2013

How To Make Caricature Using Photoshop

Assalamu'alaikum
Yup, mungkin ini postingan tutorial pertamaku yaa, dan kali ini aku akan membahas cara membuat karikatur dengan menggunakan photoshop. Here it is..^^
Nah, yang harus diperhatikan adalah….usahakan foto yang akan dibuat karikatur memiliki resolusi yang tinggi, nggak ngeblur dan harus jelas, biar mempermudah pembuatan dan hasilnya juga maksimal. Oya, dalam pembuatan kaikatur di photoshop ini kita akan menggunakan ‘Pen Tool’, so penting banget buat kita mahir dalam penggunaan ‘Pen Tool’ ini. Pertama-tama kita pilih foto yang akan dibuat menjadi karikatur (buat tutorial ini aku pilih foto ma hunny bunny sweety Baekhyun oppa, hehehe..)

Yuk, langsung aja kita lihat tutorialnya! :)
Lalu kita buat duplikatnya dengan cara mengklik Layer > Duplicate Layer atau dengan Ctrl+J.

Lalu klik Image > Adjustments > Posterize lalu atur level posterize tersebut jadi ‘10’ atau disesuaikan dengan fotonya. Dan penampakan fotonya bakalan berubah jadi………………



Lalu klik ‘Create a new set’ dan buatlah layer baru dengan mengklik ‘Create a new layer’ (pastikan bahwa Layer 1 berada paling atas untuk mempermudah dalam pembuatan karikaturnya yaa).


Dan sekarang waktunya kita beraksi dengan ‘senjata pamungkas’ kita, yang nggak lain dan nggak salah adalah si ‘Pen Tool’ ini. Pertama-tama kita akan membuat wajahnya. Oya, sebelumnya untuk lebih mempermudah, kita rubah dulu nama Layer 2 menjadi Face atau Wajah atau sesuai keinginan pemirsa, hehehe..


Bikin layer baru (dengan mengklik ‘Create new layer’ tadi) untuk setiap bagian-bagian gambarnya, seperti wajah, mata, hidung, bibir, dll. Mari kita mulai menggunakan ‘Pen Tool’nya!


Klik kanan, lalu klik ‘Fill Path’ dan isi kolom ‘Feather Radius’ dengan angka ‘2’ agar garis terlihat halus, klik ‘OK’, lalu klik kanan dan ‘Delete Path’.

Kira-kira gini nih penampakannya….




Aaaaaand, ini dia hasilnyaaa!!! Tadaaaaaaaaaaaaaaaa……\(^^)/


Yup, kira-kira begitulah caranya, maaf loh kalo tutorialnya ada yang masih kurang jelas dan sulit untuk dipahami (dimaafin dong ya ya yaaa). Thanks semua, hope this tutorial will be usefull for ya!!^^ Wassalamu’alaikum…

No comments: